Sepatu Lari wanita Nike Air Zoom Pegasus

Bikin Kakimu Aman dengan Rekomendasi Sepatu Lari Wanita Terbaik Berikut ini

Olahraga lari merupakan olahraga yang paling ringan dan bisa dilakukan oleh siapa saja bahkan akan memberikan dampak positif bagi kesehatan jika dilakukan secara rutin. Namun olahraga lari membutuhkan perlengkapan khusus salah satunya yang paling penting yaitu sepatu lari. Terdapat banyak pilihan sepatu lari wanita maupun pria untuk menunjang aktivitas karena memang dirancang khusus untuk lari. Jangan sampai salah memilih sepatu agar kaki tetap nyaman dan aman saat berlari.

Sama seperti sepatu fashion pada umumnya, sepatu lari juga memiliki berbagai macam pilihan desain, model, dan warna yang berbeda-beda sehingga bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Tentu saja setiap sepatu lari memiliki kualitas dan teknologi yang berbeda-beda dan agar kaki terlindungi dengan maksimal serta tetap nyaman, sepatu lari tidak boleh dipilih sembarangan agar tidak mengalami cedera.

Cedera adalah hal yang dihindari ketika berlari, untuk itu gunakan sepatu lari wanita terbaik dari merk rekomendasi kami berikut ini:

1. Sepatu Lari Wanita Merk Adidas Edgebounce 1.5 G28431

sepatu running Adidas EDGEBOUNCE 1.5 wanita

Menampilkan desain khusus wanita, Adidas Edgebounce 1.5 menawarkan kombinasi antara gaya kontemporer dengan fungsionalitas. Sepatu ini dirancang untuk atlet wanita dan pelari dengan ukuran netral. Dibuat dengan teknologi terkini untuk meningkatkan kenyamanan dan efisiensi. Adidas Edgebounce 1.5 juga cocok untuk bekerja, kuliah, atau sekadar jalan santai.

Adidas Edgebounce 1,5 adalah sepatu yang empuk dan serbaguna untuk berlari dengan kecepatan penuh atau sekadar berlatih di gym. Apakah kamu berlari indoor ataupun outdoor? Jika ya, maka sepatu ini bisa menjadi andalan kamu. Dengan sistem internal fit yang terpasang pada sockliner, akan memudahkan kamu untuk melonggarkan atau mengencangkan sepatu agar pas di kaki. Desain khusus wanita ini memiliki platform kaki depan dan tumit yang lebar untuk meningkatkan stabilitas saat berlari atau pada saat melakukan cross training.

2. Sepatu Lari Wanita Reebok DRIFTIUM RIDE 2.0

sepatu running wanita Reebok DRIFTIUM RIDE 2

Mewujudkan perpaduan sempurna antara kenyamanan dan gaya, Reebok Driftium Ride 2 wajib dimiliki oleh pelari yang ingin meningkatkan kecepatan mereka. Dilengkapi dengan teknologi yang andal, sepatu lari ini memasok kemewahan yang tepat dan dukungan untuk kinerja yang stabil. Menampilkan konfigurasi outsole yang luar biasa, sepatu lari berfungsi untuk menghasilkan daya dorong yang nyata. Dengan Driftium Ride 2 dari Reebok, kamu dapat mengharapkan kekokohan dan stabilitas yang bertahan selama berlari.

3. Nike Legend React 2 Women’s Running Shoe

Nike Legend React 2 Women's

Nike Legend React 2 adalah sepatu lari ringan yang memberikan bantalan yang lembut dan responsif, memberikan pengalaman lari yang nyaman. Bagian atas sepatu yang tahan lama dan berongga berfungsi untuk menjaga kaki tetap kering dan nyaman selama sesi lari.Pada bagian upper terbuat dari material mesh yang sanggup mentransfer keringat ke udara bebas. Fitur Nike React insole ini akan membuat gerakan kaki tetap nyaman, stabil dan bebas slip selama berlari.

4. Sepatu Lari Nike Air Zoom Pegasus Women’s

Nike Air Zoom Pegasus

Jika Kamu mencari sepatu lari yang memiliki tampilan keren, maka kamu akan puas dengan Nike Air Zoom Pegasus. Sepatu lari ini dirancang dengan mengutamakan kualitas bantalan dan daya tahan. Pelari jarak jauh cocok dengan sepatu ini karena mampu mempertahankan kenyamanan selama perjalanan.

Secara keseluruhan, Nike Air Zoom Pegasus memenuhi harapan pengguna dan telah terbukti berhasil menjadi bagian dari seri Pegasus. Bahan busa menjadikan sepatu ini terasa ringan saat dipakai, sehingga nyaman dipakai untuk berlari. Kamu yang sedang mencari sepatu yang ringan dan nyaman bisa mencoba menggunakan sepatu ini. (Terkait: Harga sepatu Nike wanita terbaru).

5. Merk Adidas Duramo 9 Women’s Running Shoes

adidas duramo 9 women's

Seperti yang kita ketahui, Adidas tidak pernah main-main dengan kualitas sepatunya. Adidas Duramo 9 memiliki bagian upper sepatu yang dibuat berlapis memakai mesh dengan overlay tanpa jahitan melalui proses cetak. Dengan teknologi ini, akan membuat sirkulasi udara menjadi lebih lancar serta memberi daya topang yang lebih pada kaki kamu.

Dengan fitur Cloudfoam yang disematkan pada bantalan tengah sol, sepatu ini terasa empuk dan responsif ketika diinjak oleh kaki. Sepatu ini sangat awet dan memiliki ketahanan yang tinggi meskipun untuk penggunaan harian karena menggunakan material khusus pada bagian outsole. Adidas Duramo 9 adalah sepatu lari serbaguna dengan bantalan premium. Sepatu menggunakan material yang mengutamakan fleksibilitas, kenyamanan, dan bantalan yang lembut. Sepatu ini masih diluncurkan ke pasaran dengan harganya yang terjangkau dan desain yang enak dipandang. (Terkait: Harga sepatu adidas wanita original).

6. Sepatu lari merk Phoenix Women Voleta

Phoenix Tesla Women

Apabila kamu sedang mencari sepatu lari wanita murah yang berkualitas, maka Phoenix Women Voleta menjadi pilihan yang tepat untuk kamu. Phoenix memanfaatkan bahan berkualitas yang diterapkan pada sepatu ini sehingga dapat menunjang pergerakan dan memberikan kenyamanan saat berlari. Phoenix merupakan salah satu produsen sepatu lari merk lokal terbaik yang kualitasnya tidak bisa dianggap sepele.

Sepatu lari yang juga cocok untuk jogging ini memiliki desain sporty dengan detail eyelets sebagai lubang talinya. Pada bagian outsole, Phoenix memberikan busa Phylon dan Cushion yang dapat mengurangi benturan antara kaki dengan permukaan jalan sehingga terasa lebih empuk dan ringan.

7. Sepatu Lari Wanita ASICS Gel-Cumulus 21 Winterized

ASICS Gel-Cumulus 21 Winterized

ASICS mengeluarkan sepatu lari wanita model terbaru yaitu Gel-Cumulus 21 Winterized. Bahan yang digunakan oleh sepatu ini membuat sepatu memiliki aliran udara lebih lancar. Sirkulasi udara yang lancar akan membuat kaki kamu tetap sejuk dan nyaman meski kamu berlari cukup jauh dalam waktu yang lama. Bagian sol dibekali dengan bahan lentur yang buat kaki lebih nyaman saat berlari. Desain sepatu ini memang terlihat biasa seperti sepatu Asics pada umumnya namun akan sangat menunjang pergerakan saat berlari sehingga cocok untuk kamu yang tidak menyukai sepatu dengan desain yang rumit.

8. Sepatu Lari Merk Puma Ignite Ultimate

Puma Ignite Ultimate women's

Puma juga memiliki sepatu lari dengan fitur yang canggih yaitu Puma Ignite Ultimate untuk pria dan wanita. Sepatu ini dilengkapi dengan Ignite Foam dan 3 layer mesh upper yang memberikan kenyamanan pada area kaki.

Puma Ignite Ultimate mengandalkan bantalan responsif dan kenyamanan superior untuk memberi kenyamanan bagi pelari selama di jalan. Sepatu ini memiliki penyangga dengan kelengkungan yang sedang, traksi yang bagus, dan kemampuan untuk menyerap dan melepas keringat ke udara.

Mid-sole Ignite yang dirancang secara khusus akan membantu meredam tekanan pada saat kaki mendarat di lintasan. Serta memberikan energi dorong yang lebih besar dengan karakternya yang memantul sehingga meringankan gerakan kaki kamu pada langkah berikutnya. Puma Ignite Ultimate adalah salah satu sepatu best seller untuk kategori running selain karena fitur dan kegunaanya, desainnya juga stylish dan enak dipandang.

9. Puma Running Women’s Jaab XT TZ Shoes

Puma Jaab XT TZ Shoes

Run/Train Women’s Jaab XT TZ Shoes memiliki desain yang sporty serta memiliki detail cross strap metalik yang keren. Material luar terbuat dari bahan knit dan kulit sintetis, bagian dalam berbahan tekstil, dan sol berbahan karet. Sepatu ini juga dilengkapi dengan profoam midsole untuk cushioning yang nyaman dan berteknologi hybrid foam yang ringan dan responsif untuk mendukung pergerakan kaki saat berolahraga.

10. Brooks Levitate 2 Women’s Running Shoes

Brooks Levitate 2

Brooks Levitate 2 telah digunakan dalam aneka pertandingan lari di dunia sehingga jangan kaget jika sepatu lari ini memiliki kualitas yang benar-benar bagus dan membuat sepatu ini sering diincar banyak orang. Jika kamu mencari sepatu lari dengan performa yang stabil di setiap langkah, maka Brooks Levitate 2 layak untuk dipertimbangkan.

Brooks Levitate 2 menerapkan fitur-fitur keamanan dan kenyamanan bagi pelari yang menggunakannya di perlombaan. Melalui proses yang presisi dalam tahap produksinya yang terlihat dari jahitan yang rapi pada setiap sisinya, Brooks Levitate 2 juga memberikan berbagai pilihan warna yang bisa untuk menyesuaikan dengan selera kamu. Terbuat dari bahan berkualitas, sepatu ini nyaman dikaki dengan outsole yang pas.

11. Adidas Adizero Boston 7 Women’s Shoes

adidas adizero boston 7 women's

Adidas Adizero Boston 7 menjadi karya Adidas yang teruji berdaya tahan tinggi bahkan dapat mendukung lari jarak jauh. Kehadiran Adidas Adizero Boston Boost 7 diharapkan dapat memenuhi harapan kamu dalam hal kinerja, kesesuaian, dan kenyamanan. Secara keseluruhan, kelengkapan fitur dan daya guna sepatu ini membuat Adizero Boston Boost 7 menjadi pembelian yang layak. Sol sepatu ini dibuat dari continental rubber yang ringan dan fleksibel sehingga sangat cocok untuk kamu yang sedang mencari sepatu lari wanita berkualitas yang nyaman dan empuk di kaki yang dapat menunjang aktivitas lari secara maksimal.

12. Sepatu lari Nike Women’s Air Presto

Nike Women's Air Presto

Nike memang selalu memberikan sepatu lari terbaik salah satunya yaitu Nike Air Presto yang paling direkomendasikan. Memiliki desain yang keren serta bobot yang ringan membuat sepatu lari ini sangat nyaman dipakai sehari-hari dan kamu akan selalu siap untuk berolahraga. Berbagai gerakan kombinasi seperti berlari lalu kemudian berhenti dan dilanjutkan dengan berjalan bisa kamu lakukan dengan sepatu ini namun tetap mempertahankan faktor kenyamanan. (Baca juga: Sepatu formal wanita terbaik).

13. Sepatu New Balance Women’s Vazee Pace Protect Pack

New Balance Women's Vazee Pace Protect Pack

Banyak yang malas berolahraga ketika musim hujan karena jalanan yang basah namun jangan khawatir karena saat ini sudah ada sepatu weather resistant dari New Balance. Kamu bisa menggunakan Vazee Pace Protect Pack dari New Balance untuk melindungi kaki saat cuaca hujan sekalipun.

Weather resistant pada sepatu ini akan membuat kaki terasa hangat dan nyaman ke mana pun kamu pergi. Bagian atas sepatu ini mengusung desain jalan. Ditambah dengan bantalannya yang netral membuat kamu sanggup mempertahankan kenyamanan selama aktivitas lari dengan sepatu New Balance Vazee Pace Protect ini. (Baca juga: merk Sandal gunung wanita yang bagus).

Tips Memilih Sepatu Lari Wanita yang Tepat

Terdapat alasan mengapa sepatu lari ini diciptakan, tentu untuk menunjang pergerakan ketika berlari dan melindungi kaki dari cedera. Kesalahan pemilihan sepatu dapat berakibat fatal apalagi jika tidak hati-hati ketika beraktivitas bahkan saat ini banyak yang mengenakan sepatu sneakers sebagai sepatu lari padahal kedua jenis sepatu tersebut memiliki fungsi yang berbeda.

Bagi kamu yang masih menggunakan sepatu lain sebaiknya segera mengganti sepatu lari ketika melakukan aktivitas olahraga lari dan kamu bisa merasakan perbedaan setelah mengenakan sepatu lari. Apabila masih bingung, berikut terdapat tips memilih sepatu lari wanita yang tepat dan nyaman untuk kaki ketika berlari. 

1. Pilih sesuai dengan bentuk kaki

Setiap orang memiliki bentuk kaki yang berbeda-beda sehingga tidak semua orang cocok menggunakan sepatu lari yang sama maka dari itu pemilihan sepatu lari harus disesuaikan dengan bentuk kaki terlebih dahulu agar tetap nyaman. Bentuk telapak kaki manusia secara umum ada tiga yaitu:

Normal Arch

Normal arch memiliki sudut kelengkungan telapak kaki yang normal. Bentuk kaki ini biasanya memiliki tipe gerakan kaki yang juga normal. Pada saat kamu berlari, gerakan serta hentakan kaki sangat dipengaruhi oleh tingkat kelengkungan kakimu. Apabila kamu memiliki bentuk telapak kaki normal arch maka disarankan untuk menggunakan sepatu dengan sedikit lengkungan pada bagian tengah atau disebut semi curved shoes.

Low Arch

Low arch memiliki sudut kelengkungan telapak kaki yang kecil sehingga kaki terlihat agak rata. Telapak kaki dengan bentuk seperti ini dalam dunia anatomi sering dikenal sebagai flat foot yang memiliki tipe gerakan kaki overpronasi. Kaki yang bentuknya seperti ini cenderung posisinya menekuk keluar, hal ini berbeda dengan mereka yang memiliki kaki normal yang kelengkungannya juga normal. Sepatu lari yang cocok untuk jenis kaki ini adalah sepatu dengan motion control.

High Arch

Biasanya orang dengan bentuk kaki high arch memiliki bagian tengah kaki yang lebih tipis dibandingkan dengan bentuk kaki lainnya. Tekanan yang besar biasanya terletak pada bagian tumit di bagian depan kaki. Tipe gerakan kaki ini adalah underpronation dengan gerakan kaki yang menekuk ke dalam.

Biasanya orang yang memiliki bentuk telapak kaki high arch memiliki kaki berbentuk O sehingga harus memilih sepatu yang tepat. Jika kamu memiliki kelengkungan kaki dengan tipe ini, sangat disarankan untuk kamu agar memilih sepatu lari netral (neutral shoes) yang dilengkapi dengan fitur bantalan pada bagian depan dan tumit. Sepatu netral ini berfungsi sebagai penyokong kaki untuk orang dengan kaki yang underpronation. (Baca juga: Harga sepatu skechers wanita terbaru).

2. Sesuaikan sepatu dengan medan lari

Sebelum membeli sepatu lari wanita, ketahui terlebih dahulu medan lari yang akan dilalui untuk mencegah kaki mengalami cedera karena setiap sepatu dirancang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Trek di jalan raya, training di pusat kebugaran, atau lintas alam berbeda-beda. 

# Sepatu lari jalan raya (road running shoes) merupakan jenis sepatu lari yang paling sering dijumpai dan paling mudah didapat di pasaran. Karena sifatnya yang umum, para pegiat olahraga lari sering menyebutnya sebagai “sepatu lari” saja. Sepatu lari untuk tipe ini bisa kamu gunakan jalan yang beraspal seperti biasa. Sepatu lari yang sering digunakan di jalan raya biasanya memiliki bobot yang ringan, lentur, memiliki bantalan yang empuk sebagai peredam terhadap benturan yang keras di lintasan jalan yang beraspal.

# Sepatu lari lintas alam (trail running shoes) adalah sepatu yang dirancang secara khusus untuk melewati lintasan yang becek, berdebu, berpasir, atau berbatu maupun medan liar yang akan sering kamu jumpai seperti rumput atau akar-akar pepohonan. Sepatu trail running memiliki sol anti slip dari bahan khusus yang lebih kuat daripada sepatu lari pada umumnya. Tujuannya adalah untuk memberikan keamanan dan perlindungan yang ekstra pada kaki kamu ketika berlari di medan liar yang tidak dikenali. (Terkait: Merk sepatu gunung terbaik untuk wanita).

# Sepatu cross-training memiliki rancangan yang biasanya kita gunakan saat berlatih di gym. Dengan sol dan bantalan yang dibuat agak tebal, diharapakan keseimbangan kamu tetap terjaga selama berlari. Kamu juga bisa menggunakan jenis sepatu ini untuk berlari di treadmill.

3. Sesuaikan kaki dengan ukuran sepatu

Hindari membeli sepatu ukuran yang terlalu pas karena akan membuat kaki sakit dan juga melukai kaki dan bisa lecet. Jari-jari kaki juga bisa saja terluka karena sepatu yang terlalu pas. Apalagi ini merupakan sepatu lari di mana gerakan kaki harus benar-benar leluasa, jika kamu baru saja berlari dan kaki sudah mulai terasa sakit artinya ada kesalahan yang terletak pada sepatu.

Perlu diingat bahwa setiap sepatu juga memiliki ukuran panjang dan lebar yang berbeda-beda terlepas dari nomor ukuran yang sama. Untuk itu kamu harus mencoba sepatu terlebih dahulu sebelum membelinya untuk memastikan apakah ukuran yang dipilih sudah pas. Kamu bisa mencoba 1 nomor di atas atau di bawah nomor yang biasa kamu beli untuk melihat perbandingannya.

Pastikan juga agar tumit kamu tidak terpeleset di dalam sepatu serta tidak terjadi gesekan pada bagian pergelangan kaki yang bisa membuat kulit kaki kamu lecet atau cedera. Cek juga material apa yang ditunakan pada bagian upper sepatu. Jika membentuk lipatan artinya kamu membutuhkan sepatu lebih kecil. Jika bagian upper menggembung maka kamu memerlukan ukuran yang lebih besar.

4. Pertimbangkan kaos kaki

Menggunakan kaos kaki juga sangat penting karena dapat melindungi kaki dari gesekan antara kulit kaki dengan permukaan dalam sepatu sehingga tidak terluka. Kaos kaki juga dapat mencegah bau pada kaki serta lebih nyaman. Namun jika menggunakan kaos kaki, kamu harus memilih sepatu yang lebih besar agar ketika mengenakan kaos kaki, sepatu tidak terasa sempit karena ketebalan kaos kaki. Kamu bisa mengenakan kaos kaki ketika akan mencoba sepatu yang akan dibeli.

5. Pertimbangkan berat badan

Orang-orang yang memiliki berat badan di atas normal biasanya lebih disarankan untuk memilih sepatu lari dengan bantalan yang lebih tebal dari sepatu lari pada umumnya karena benturan antara kaki dengan lintasan menjadi sangat besar sehingga membutuhkan sepatu dengan daya peredaman yang lebih.

6. Pilih bantalan yang empuk

Sepatu lari wanita dengan bantalan yang empuk bukan hanya akan membuat kaki nyaman namun juga dapat menunjang aktivitas sehingga terasa lebih ringan. Biasanya setiap sepatu memiliki bantalan dengan masing-masing teknologi yang berbeda sehingga dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

7. Perhatikan kelenturan sepatu

Kelenturan sepatu juga harus diperhatikan agar sepatu dapat dengan mudah mengikuti gerakan kaki. Sepatu akan terasa lebih fleksibel dan tidak kaku sehingga kaki tetap nyaman saat berlari dan mencegah cedera.

8. Seimbangkan bobot pada sol dengan kemampuan berlari kamu

Pelari pemula hingga pelari profesional pastinya memiliki kebutuhan sepatu yang berbeda-beda. Jika kamu adalah seorang pelari pemula, sangat disarankan untuk kamu memilih sepatu lari dengan bobot antara 250-280 gram. Sehingga langkah kamu menjadi lebih ringan. Pertimbangkan juga untuk memilih sepatu lari dengan bantalan yang empuk untuk menghindari terjadinya cedera pada kaki kamu.

Dengan sol yang lebih tebal dan empuk, akan menjaga kenyamanan kaki dan terhindar dari rasa sakit ketika berlari. Sedangkan, jika kamu sudah profesional, kamu dapat memilih sepatu lari dengan bantalan yang lebih ringan agar kamu dapat berlari lebih kencang.

9. Bedakan sepatu lari dan training

Sepatu training dan sepatu lari memiliki fungsi yang berbeda namun masih banyak yang menganggap bahwa kedua jenis sepatu ini merupakan sepatu yang sama. Sepatu training dirancang dengan mengutamakan foam yang tebal sementara sepatu lari mengutamakan bobot yang lebih ringan untuk mengurangi beban ketika kamu mengayunkan langkah. Biasanya sol bawah sepatu running lebih halus daripada sol bawah sepatu training.

Kesimpulan

Sepatu lari wanita dan pria memang diciptakan khusus untuk menunjang aktivitas lari serta memberikan kenyamanan yang maksimal bagi konsumen. Tidak ada salahnya untuk berinvestasi pada sepatu lari agar kaki tetap nyaman dan aman walaupun harganya memang relatif mahal namun kamu tidak akan pernah menyesal dan malah akan lebih tertarik mengenakan sepatu lari ketika berolahraga. 

Deskripsi : sepatu lari wanita dirancang untuk menunjang aktivitas agar langkah lebih ringan sehingga harus dipilih dengan tepat.