Sepatu lari merek Brooks Adrenalin GTS 20

Merk Sepatu Lari Terbaik Yang Kuat Dan Nyaman Di Kaki

Berolahraga merupakan upaya untuk membuat tubuh sehat dan kuat. Sebagaimana kata mutiara berikut “Mens sana in corpore sano” yang berarti di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Aktivitas olahraga merupakan kegiatan untuk membakar lemak di dalam tubuh dengan cara bergerak lebih banyak daripada biasanya.

Saat ini ada banyak pilihan jenis olahraga yang mudah dan ringan untuk dilakukan secara mandiri di rumah. Tak perlu cemas dengan keterbatasan peralatan olah raga karena ada banyak pilihan olahraga tanpa menggunakan peralatan yang merepotkan. Kami akan mengulas salah satu olahraga yang cocok buat kamu. Olahraga ini dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, yaitu lari. Untuk menikmati olahraga lari kamu harus mempersiapkan sepatu lari terbaik/sepatu running. Berikut ulasan lengkap dari kami.

Rekomendasi Merk Sepatu Lari Terbaik / Sepatu Running Model Terbaru

1. Adidas Running Galaxy 4 sepatu lari terbaik untuk pemula

Sepatu lari Adidas Galaxy 4

Kelebihan:

  • Bantalan yang pas dari tumit hingga ke kaki depan
  • Ringan dan nyaman
  • Murah dan original dari toko terpercaya

Kekurangan:

  • Warna dasarnya terlalu biasa

Membeli sepatu tentu tidak lepas dari budget yang dimiliki. Apabila kamu punya budget yang berlebih tak ada salahnya mencoba membeli sepatu lari terbaik/sepatu running Adidas Running Galaxy 4. Kualitas sepatu ini adalah nomor wahid dengan kelebihan tampilan sporty ditambah adanya sirkulasi udara yang baik sehingga memberikan kenyamanan saat dipakai. Sirkulasi udara yang lancar membuat sepatu tidak mudah lembap dan berjamur.

Dari segi desain, sepatu adidas terbuat dari bahan sintetis sehingga sepatu awet dan tidak cepat rusak. Variasi warna pun sangat beragam mulai dari warna navy, black green, dan white. Kamu akan semakin mantap berlari dengan Adidas Running Galaxy 4 yang memiliki harga Rp 1.079.000. Meskipun cukup merogoh kocek agak dalam, namun kualitas sepatu terjamin.

2. Sepatu Lari Reebok Energylux 2.0 Men

Sepatu lari pria Reebok Energylux 2.0

Kelebihan:

  • Traksi yang bagus
  • Midsole dengan bantalan yang empuk
  • Bagian upper yang mulus membantu mencegah iritasi

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna mengeluh sepatu ini tidak cocok di medan yang basah

Sepatu berdesain sneakers ini dibalut dengan kulit sintetis terbaik. Bahan lain penyusun sepatu seperti karet dan herringbone diletakkan untuk bagian outsole sepatu. Adanya abrasi yang tinggi akan memberikan kenyamanan bagi pemakai sekalipun dalam kondisi yang kering atau basah sekalipun. Midsole Reebok menggunakan EVA heel cup yaitu berupa bantalan untuk melindungi pergerakan kaki, serta heel clip sebagai tambahan untuk mengoptimalkan lari.

Pelari yang mencari sepatu yang solid harus mempertimbangkan sepatu lari Reebok Energylux 2.0. Reebok mendesain ulang sepatu ini dengan busa Energi Floatride baru di bagian tengah, yang berkurang lebih dari satu ons berat dari iterasi sebelumnya. Bagian tumit dengan bahan EVA menjaga tumit Anda tetap di tengah saat mendarat, bagian atas Flexweave memberikan kesegaran tanpa mengorbankan kemampuan bernapas, dan sol karet karbon penuh membuat sepatu ini sangat tahan lama. Harga sepatu yang sporty ini sangat terjangkau yakni Rp 559.200.

3. Skechers GOtrail Jackrabbit Magnito

Skechers GOtrail Jackrabbit Magnito

Kelebihan:

  • Responsif dan pembalikan tenaga yang tinggi
  • Memiliki traksi yang bagus

Kekurangan:

  • Bantalannya terasa agak keras jika anda berlari terlalu lama

Anda mungkin berpikir bahwa Skechers hanya membuat sepatu sneakers yang dikenakan ketika Anda pergi jalan-jalan di mal, tetapi Skechers selama ini juga sangat fokus pada pembuatan sepatu lari super cepat dan berkinerja tinggi juga. Fitur andalannya adalah terletak pada bantalan HyperBurst, busa responsif yang tahan lama namun ringan dibuat melalui proses yang sangat ketat untuk menghasilkan sepatu lari yang nyaris sempurna. Pada sepatu Skechers GOtrail Jackrabbit, busa dikombinasikan dengan outsole karet atas dan jala ramping bantalan yang kokoh untuk jarak yang lebih jauh.

4. New Balance 420 V1 Sepatu running terbaik untuk marathon / lari jarak jauh

New Balance 420 V1

Kelebihan:

  • Nyaman di bagian upper sole
  • Pembalikan tenaga yang sangat terasa dan memberikan gaya dorong
  • Desain ergonomis di bagian tumit

Kekurangan:

  • Tampilan warnanya agak membosankan

Ada banyak hal yang membuat kami jatuh cinta pada sepatu New Balance 420 V1. Sepatunya ringan, nyaman, bisa dengan mudah beralih dari gerakan lambat menuju gerakan yang lebih cepat. Sepatu ini juga memiliki bantalan yang cukup untuk membuat Anda menembus jarak tempuh puluhan hingga ratusan mil. Versi 420 V1 ini sudah dilengkapi dengan bantalan busa model terbaru dan bantalan yang lebih bagus yang membuat langkah kaki anda akan terasa lebih ringan. Jika kalian terbiasa gonta-ganti gaya dari sprint jarak pendek ke lari jarak jauh dan membutuhkan sepatu yang dapat mengimbangi keduanya, ini adalah sepatu yang bagus untuk kalian coba. (Terkait: Sepatu New Balance original).

Cek Juga:  Sepatu Running Adidas Original Model Terbaru

5. Nike Revolution 4 sepatu lari terbaik untuk kaki lebar

Nike Revolution 4

Kelebihan:

  • Empuk, lembut, dan nyaman
  • Responsif
  • Cocok untuk lari santai maupun cepat

Kekurangan:

  • Tidak cocok di medan yang becek atau yang berbatu

Nike merupakan salah satu produsen alat olahraga yang saat ini terlihat konsisten mendukung kegiatan olahraga masyarakat hingga era modern ini. Hal ini terlihat dengan diluncurkan produk bernama Nike Revolution 4, yang ternyata seri terbaru running shoes ala Nike. Nike Revolution 4 telah dikembangkan sejak tahun 2013 dan telah melalui rangkaian uji coba langsung oleh para pelari atau runners, baik atlet maupun pemula.

Kelebihan dari seri terbaru running shoes ala Nike adalah bantalan yang empuk dan ringan bahkan untuk berlari jarak jauh. Bantalan ini disebut dengan foam. Kamu bisa membandingkan dengan jenis sepatu merek lain yang biasanya memiliki bantalan empuk namun terasa berat untuk lari jarak jauh. Selain itu dari segi tampilan, Nike Revolution 4 menggunakan fly knit dan dilengkapi dengan heel skin. Fly knit diklaim paling baik dari seri running shoes ala nike yang terdahulu, sedangkan heel skin bertujuan menjaga kaki agar lebih stabil saat berlari.

Untuk kekurangan dari sepatu ini mungkin dari segi harga karena sepatu nike tergolong sepatu kelas atas. Harganya sekitar Rp2.279.000, namun dengan harga yang demikian kamu dapat memperoleh kenyamanan yang tidak didapatkan dengan membeli sepatu merek lain.

6. Sepatu Running Puma NRGY Comet

Puma NRGY Comet

Kelebihan:

  • Nyaman, fleksibel, dan ringan
  • Midsole menggunakan busa dari bahan EVA
  • Sangat responsif
  • Tampilan stylish dan terlihat modern

Kekurangan:

  • Terasa hangat jika digunakan untuk lari jarak jauh

Brand sepatu Puma terkenal karena selalu menghadirkan sepatu yang up to date. Salah satunya Puma NRGY Comet. Model ini merupakan sepatu olahraga yang didesain trendi dan sporty. Bahan ariaprene yang ada pada bagian permukaan sepatu berguna agar sepatu sejuk dan nyaman dipakai. Midsolenya menggunakan teknologi IMEVA berbahan dasar karet untuk mencegah terjadinya lecet pada kaki. Pada bagian outsole terdapat rubber yang dilengkapi neat stitching, lalu dipadukan dengan 3 eyelets, serta cushioning. Dengan demikian kamu tidak perlu khawatir untuk digunakan sehari-hari. Harga sepatu Puma NRGY Comet adalah Rp 2.399.000.

7. Brooks Adrenalin GTS 20 Sepatu Running terbaik di jalan aspal

Brooks Adrenalin GTS 20

Kelebihan:

  • Mesh lebih ringan
  • Terasa lembut di kaki

Kekurangan:

  • Tidak terlalu spesial jika digunakan untuk sprint

Brooks Adrenaline GTS 19 adalah sepatu lari yang stabil. Model ini merupakan peralihan Brooks dari Medial Post ke sistem GuideRails yang lebih ringan dan tidak terlalu mencolok. Seri ke 20 mempertahankan desain yang sama dengan seri sebelumnya, yang menempatkan bahan di sepanjang tepi sol untuk menjaga kaki Anda tetap di tempatnya, yang membuatnya dapat diakses untuk pronator dan pelari netral juga (dukungan ada hanya jika Anda membutuhkannya). Secara keseluruhan, sepatu terasa lebih ringan dan lebih kencang dari model sebelumnya tetapi masih memberikan penyerapan goncangan yang baik, dan sol karet memberikan traksi dan daya tahan yang kuat.

8. Sepatu Lari Merk Salomon Sense Ultra Pro

Salomon Sense Ultra Pro

Kelebihan:

  • Sayap penyangga eksternal memberikan keamanan di sekitar kaki bagian tengah
  • Traksi luar biasa saat hujan maupun di jalan menurun yang basah

Kekurangan:

  • Kurang cocok untuk lari kencang

Sesuai namanya, Salomon Sense Ultra Pro dibuat untuk menjaga jarak dan tetap nyaman hingga jarak jauh dalam lari ultramarathon. Sepatu ini didasarkan pada S/Lab Sense Ultra yang cepat, dengan menambahkan busa yang lebih tebal dan sayap pembalut kaki demi mempertahankan kenyamanan jangka panjang saat kaki Anda membengkak pada tahap akhir perlombaan. Ditambah lagi, outsole Contragripnya sulit dikalahkan di jalur yang ceroboh.

“Ultra Pro adalah salah satu sepatu trail terbaik yang pernah saya pakai,” kata seorang penguji. “Sepatu ini mampu melibas semak-semak dan melewati permukaan curam, berlumpur seolah-olah itu adalah jalan yang datar. Tidak ada kotoran, lumpur, atau puing-puing longgar yang masuk ke dalam sepatu, dan dengan cepat mengering setelah terjun penuh ke sungai. ”

9. Asics GEL-NIMBUS 21 Sepatu lari terbaik untuk underpronation

Asics GEL-NIMBUS 21

Kelebihan:

  • Memiliki bantalan yang extra sehingga menambah kenyamanan
  • Memiliki traksi yang bagus

Kekurangan:

  • Terkadang bantalan yang extra malah membuat sepatu lebih berat dan hangat

Sistem gel yang diterapkan pada produk sepatu dari Asics selalu identik dengan bentuk bantalannya yang tinggi. Hal itu juga diterapkan pada Asics Gel-Nimbus 21 ini. Teknologi I.G.S. (Impact Guidance System) mereka menghasilkan tambahan tenaga ketika berlari. Sedangkan sistem Trusstic menambah stabilitas selama anda berlari. Maklum, semua bantalan ekstra menambah sedikit berat sepatu, sesuatu yang bisa diharapkan. Gel-Nimbus 21 dirancang untuk lari jarak jauh yang nyaman. Gel-Nimbus 21 sangat mirip dengan sepatu lari profesional, sama seperti model Brooks dan Saucony. Mengingat semua lapisan tambahan, Gel-Nimbus 21 dapat terasa sedikit lebih hangat ketika cuaca panas. Sepatu lari asics ini memiliki daya tahan yang bagus meski tidak mampu mengimbangi bantalannya yang tebal. Namun demikian, jika anda serius untuk berlari, sepatu ini layak kamu pertimbangkan.

10. Spotec SPC 3.0 Sepatu Running terbaik dengan harga termurah

Spotec SPC 3.0

Kekurangan:

  • Warna agak norak

Sepatu running ala spotec juga tersedia dalam seri spotec SPC 3.0. Sepatu ini tergolong ke dalam sepatu running pria. Dari segi desain, sepatu spotec SPC 3.0 memiliki bantalan midsole berbahan dasar EVA yang membuat sepatu lebih fleksibel untuk menjaga keseimbangan saat berlari. Sepatu ini merupakan salah satu sepatu lari merek lokal yang populer. Teknologi yang menyertai sepatu ini adalah teknologi zip phylon. Kemudian pada bagian outsole terbuat dari bahan karet, sedangkan pada upper dibalut mesh yang membuat pergerakanmu semakin ringan dan lincah. Selain keunggulan dari segi desain, tampilan sepatu juga tersedia dalam empat varian warna. Harga pun cukup terjangkau yaitu Rp 269.900.

11. Legas Mens Running Flash LA Sepatu Lari  EVA

Legas Mens Running Flash LA Sepatu Lari  EVA

Kelebihan:

  • Transisi dari tumit ke kaki yang smooth
  • Upper material yang nyaman
  • Sangat ringan

Kekurangan:

  • Menurut beberapa pengguna, bantalannya kurang tebal

Apabila kamu sedang mencari sepatu lari kami sarankan pilihlah Legas Mens Running Flash LA Sepatu Lari  EVA. Tampilan yang menarik perpaduan tiga warna. Bahan utama sepatu pada bagian upper adalah bahan mesh dan kulit sintetis pada bagian upper. Kemudian pada bagian midsole menggunakan bahan EVA yang berfungsi sebagai bantalan empuk bagi tumit. Outsole sepatu berbahan karet fleksibel sehingga kualitas sepatu bertaraf internasional. Bobot sepatu tergolong ringan membuatmu semakin lincah berlari. Harga sepatu pun sangat ramah di kantong yaitu Rp 397.000. Sepatu Legas ini berasal dari produsen yang sama dengan sepatu running League. Perbedaannya adalah, Legas dirancang khusus untuk orang Indonesia, menyesuaikan dengan kaki orang Indonesia. Sementara League, ini adalah merk yang dipasarkan hingga ke mancanegara.

12. Sepatu Lari Merk Spotec Storm

Spotec Storm

Kelebihan:

  • Bobot ringan
  • Fleksibel
  • Desain sporty dan stylish

Kekurangan:

  • Jangan digunakan di medan basah

Spotec storm dapat menjadi pilihan yang cocok buat kamu yang hobi jogging. Kelebihan spotec storm adalah bahan phylon yang digunakan untuk mendesain sepatu memiliki kualitas tinggi. Selain itu tampilan sepatu pun terlihat sporty dan fashionable. Adanya sirkulasi udara pada sepatu membuat sepatu menjadi terhindar dari jamur dan lembab. Jika kamu sedang mencari sepatu lari terbaik dibawah 1 juta, maka spotec storm ini dapat menjadi solusi. Tampilan yang sporty dan eye catching ini dijual dengan harga Rp 239.000. Cukup terjangkau bukan, apalagi bagi kalangan mahasiswa.

13. Sepatu Lari Diadora X Run Light 5

Diadora X Run Light 5

Kelebihan:

  • Desain berkualitas
  • Stylish
  • Fleksibel dan nyaman

Kekurangan:

  • Tidak cocok untuk yang punya kaki lebar

Olahraga lari tidak hanya menarik bagi kaum pria namun wanita pun juga demikian. Bagi kamu yang sedang mencari sepatu lari yang bagus, kamu bisa memilih Diadora X Run Light 5. Sepatu ini dibanderol dengan harga Rp 289.000,00. Dengan harga demikian, sepatu running ini dilengkapi dengan teknologi Shock Absorbing E.V.A. Foam pada bagian sol dalam. Material ini terbuat dari nylon mesh dan Suprelloft. Bahan berkualitas membuat pemakaian nyaman dan tahan lama.

Perhatikan Tips Memilih Sepatu Lari / Running Berikut ini

Saat pergi ke toko untuk membeli sepatu, kamu pasti akan mencoba terlebih dahulu. Pada tahap ini, kamu harus cermat karena tak hanya ketika nyaman dicoba tapi sepatu lari harus nyaman saat digunakan berlari. Hal ini tidak selalu tergantung kepada merek sepatu melainkan juga indicator-indikator lain seperti di mana kita berlari, style berlari dan bentuk kaki kita. Kenali dulu karakteristik kakimu dan coba untuk mencari sepatu dengan kondisi yang sesuai kebutuhan agar tidak menyesal di kemudian hari. Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik tidak hanya soal warna dan harga tapi ada banyak aspek yang harus diperhatikan.

1. Lokasi atau Permukaan Lari

Berencana membeli sepatu lari, kamu harus tahu di manakah akan menggunakannya. Ada banyak lintasan lari misalnya saja jalan aspal (road running), di atas mesin treadmill, atau di permukaan berbatu (trail running). Pada umumnya sepatu model road-running memiliki kekhususan yaitu dirancang untuk dipakai di permukaan rata dan keras seperti aspal. Pada sepatu-sepatu jenis ini terdapat kelengkapan berupa bantalan untuk meredam benturan serta untuk membuat langkah pemakainya stabil.

Selanjutnya ada pula sepatu trail-running yang dirancang untuk pemakaian pada permukaan berbatu, berlumpur, dengan berbagai rintangan seperti akar pohon dan rumput. Kelengkapan berupa sol anti slip serta bentuk dan bahan khusus yang terdapat pada sepatu jenis ini berfungsi untuk memberi support, stabilitas, serta perlindungan kaki. Sepatu-sepatu trail running Adidas seperti Response, Kanadia 8, Duramo 7, serta adidas Galaxy misalnya, dilengkapi dengan teknologi Traxion pada sol bagian luar. Teknologi ini menghasilkan cengkraman yang lebih baik pada permukaan di alam bebas.

Untuk jenis sepatu cross-training sedikit berbeda, karena sepatu ini dirancang untuk penggunaan di tempat gym atau tempat kebugaran. Sepatu cross-training biasanya membantu pemakai dalam hal keseimbangan melalui adanya sol dan bantalan yang tebal.

2. Jenis Olahraga Lari

Olahraga lari ada beragam jenis mulai dari jogging, lari jarak pendek dengan kecepatan tinggi (sprint), ada yang berlari 5K, 10K, atau lari jarak jauh seperti marathon. Produsen sepatu lari terbaik lokal terbaik memproduksi beberapa jenis style sepatu tergantung kebutuhan si pelari. Misalnya saja kamu adalah pelari pemula, maka pilih sepatu dengan bantalan lembut dan empuk. Kemudian apabila pelari professional lebih cocok untuk menggunakan sepatu yang ringan, juga memiliki bantalan yang sifatnya lebih memberikan dorongan.

3. Bentuk Kaki 

Masing-masing orang memiliki bentuk kaki yang berbeda. Bentuk ini dapat dilihat ketika seseorang melangkah. Ada bentuk netral yaitu ketika melangkah bagian kaki yang menginjak permukaan adalah telapak kaki bagian tengah. Lalu ada yang overpronation, di mana seseorang memiliki telapak kaki miring ke arah dalam, dan terakhir ada underpronation, di mana telapak miring ke arah luar. Pemilihan sepatu dengan sol dan bantalan yang tepat akan membantu kamu lebih nyaman dalam memakai sepatu lari terbaik/sepatu running.

Cek Juga:  Sepatu AP Boots Original Model Terbaru

4. Berat Badan

Berat badan juga berpengaruh pada pemilihan sepatu lari. Semakin berat tubuh seseorang maka semakin besar pula benturan antara kaki dan permukaan tanah ketika ia berlari. Untuk menopang berat badan saat bertumpuan ketika berlari dibutuhkan jenis sepatu dengan bantalan yang tebal.

5. Ketika Membeli Sepatu, Cobalah Pada Sore Hari

Mungkin sebagian besar orang tidak mengetahui informasi ini. Namun hal ini penting kamu coba sebab pada sore hari kaki kita mengembang. Hal ini terjadi akibat kita yang beraktivitas. Dengan mencoba sepatu pada sore hari,kamu tidak akan salah pilih ukuran sepatu. Atau kamu juga dapat mencoba sepatu usai berlari. Apabila hal ini tidak dapat dilakukan, maka kamu juga bisa membeli ukuran sepatu setengah ukuran lebih besar dari ukuran kaki. Tujuan tindakan ini adalah untuk memberikan ruang gerak pada kaki sehingga terhindar dari ruam ataupun memar dan lecet. Gunakan jari atau jempol untuk mengukur kelonggaran antara kaki dengan ujung sepatu.

6. Kenali Karakteristik Sepatu Lari

Memilih sepatu di toko memungkinkan kamu untuk berhadapan dengan beberapa pilihan sepatu. Sebaiknya setelah kamu mencoba untuk digunakan berjalan, tanyakan juga terkait kelebihan-kelebihan yang dimiliki sepatu, peruntukan atau kekhususan sepatu untuk gaya lari seperti apa. Produsen sepatu kini menyertakan kelebihan sepatu lari dalam hal teknologi terbaru dari sisi bahan, bobot, dan harga.

Ada beberapa karakteristik sepatu yang perlu diketahui secara mendalam. Pertama adalah jenis upper (bagian atas sepatu), kemudian midsole (bantalan sepatu), dan terakhir outsole (sol bagian bawah). Ketiga komponen sepatu ini sangat penting diketahui oleh pelari agar sesuai dengan kebutuhan berlari. Biasanya ada beberapa staff toko yang dengan senang hati memberikan rekomendasi sesuai kebutuhan konsumen.

7. Utamakan Kenyamanan Sepatu

Tampil trendy dengan sepatu running boleh saja dilakukan asal tetap mengedepankan kenyamanan. Jangan sampai kenyamanan kamu jadi pilihan akhir saat membeli sepatu lari.

Perbedaan Fungsi pada Model Sepatu Running

Dulu sepatu sneaker dikenal untuk berbagai macam kegiatan atau aktivitas, namun kini seiring perkembangan zaman, ada beragam sepatu yang muncul disesuaikan dengan teknologi dan kebutuhan. Agar dapat memilih sepatu lari yang cocok, pahami perbedaan karakteristik model sepatu berikut ini.

1. Training

Olahraga yang bertujuan untuk melatih otot-otot seperti di tempat kebugaran, ataupun senam dan yoga sangat cocok menggunakan jenis sepatu training. Hal ini dikarenakan semua sepatu training dirancang agar dapat bergerak ke segala arah. Adanya gerakan lompat kiri, kanan dan belakang, atau gerakan variatif lain, sangat penting didukung dengan sepatu training yang memiliki grip lebih lengket ke permukaan. Sehingga pengguna sepatu tetap seimbang dalam setiap gerakan.

2. Running

Sepatu running dirancang khusus untuk digunakan pelari. Dalam sepatu lari terbaik/sepatu running juga terdapat beberapa tipe seperti trail running atau lari di permukaan off road dan marathon running atau lari di permukaan datar seperti aspal. Sepatu lari ini cenderung didesain untuk gerakan satu arah, yakni ke depan.

3. Casual

Sepatu casual bernuansa santai karena memang didesain untuk peruntukan demikian. Terdapat perbedaan penggunaan teknologi dengan yang ada pada sepatu training dan running. Nuansa santai ini misalnya cocok digunakan untuk sekedar jalan-jalan.

Dari ketiga model atau jenis sepatu tersebut memang seringkali sulit untuk dibedakan apalagi dari segi bentuk karena semuanya memiliki bentuk hampir serupa. Ada tips untuk kamu yang masih awam soal membedakan jenis sepatu tersebut, yaitu dengan melihat sisi atas (upper). Sepatu casual memiliki upper lebih tebal, rigid dan kaku. Selain itu bahan utama pada upper lebih variatif, misalnya dari kulit dan bahan pendukung lain. Variasi bahan ini sengaja digunakan karena sepatu casual lebih mengedepankan tampilan, bukan olahraga. Kemudian upper pada sepatu running cenderung lebih empuk. Hal ini disebabkan peruntukan sepatu running agar nyaman saat dipakai berlari. Sedangkan sepatu training, memiliki model mirip dengan sepatu running, akan tetapi rata-rata lebih keras. 

Setelah mengetahui ketiga jenis sepatu tersebut, tentu terbersit pertanyaan, bagaimana jika sepatu itu digunakan diluar peruntukannya? Jawabannya adalah tidak, sebab penggunaan sepatu di luar peruntukannya akan beresiko cedera. Ketika seseorang beraktivitas training tetapi menggunakan sepatu running, hal ini akan membatasi gerakannya. Ia tidak bebas melakukan berbagai gerakan dan menjadikan tidak seimbang.

Olahraga lari membutuhkan sepatu lari terbaik/ sepatu running. Pemilihan sepatu harus mempertimbangkan permukaan lari, jenis lari, bentuk kaki, berat badan dan karakteristik sepatu. Beberapa rekomendasi sepatu lari antara lain nike, puma, spotec, adidas.